Resume materi pertemuan kesembilan
Nama:Imroatul Aliyah
Nim:63010200060
Kelas:3B PS
RESUME
kandungan
Ayat Tentang Janji dalam QS. Al-Maidah: 1; dan QS. Al-Isra’: 34
A.
Tafsiran para mufassir terkait
QS.Al Maidah:1
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اَوْفُوْا بِالْعُقُوْدِۗ اُحِلَّتْ لَكُمْ بَهِيْمَةُ الْاَنْعَامِ اِلَّا مَا يُتْلٰى عَلَيْكُمْ غَيْرَ مُحِلِّى الصَّيْدِ وَاَنْتُمْ حُرُمٌۗ اِنَّ اللّٰهَ يَحْكُمُ مَا يُرِيْدُ
Wahai orang-orang yang beriman!
Penuhilah janji-janji. Hewan ternak dihalalkan bagimu,
kecuali yang akan disebutkan kepadamu, dengan tidak menghalalkan berburu ketika kamu sedang berihram (haji atau
umrah). Sesungguhnya Allah menetapkan hukum sesuai
dengan yang Dia kehendaki.
1.Tafsir Al-Muyassar/Kementerian Agama Saudi Arabia
Wahaiorang orangyangberimankepadaAllahdanrasulnyaserta menjalankansyariatnya,sempurnakanlahperjanjian-perjanjianAllahyang dipertegas.Danpenuhilahperjanjiansebagiankelianatassebagianyang lain berupa amanat, jual-beli dan akad-akad lainnya yang tidak bertentangan dengan Kitabullah dan Sunnah rasulNya,Muhammad.
SungguhAllahtelahmengahalalkanbagikalianbinatang-binatangternak,
sepertiunta,sapidankambing,kecualiapayangtelahdijelaskankepada kalian, yaitu
diharamkannya bangkai, darah, dan lainnya, serta
diharamkannyabinatangburuanketikakaliantengahdalamkondisiihram.
SesungguhnyaAllahmenetapkanhukum apasajayangdikehendakiNya
sesuaidenganhikmahdankeadilanNya.
2.TafsirAl-Mukhtashar/MarkazTafsirRiyadh,dibawahpengawasanSyaikh Dr.ShalihbinAbdullahbinHumaid(ImamMasjidilHaram)
Wahaiorang-orang yang beriman kepada Allah!Sempurnakanlah perjanjian-perjanjian yang saling mengikatkuatantara kalian dengan penciptakaliandanantarakaliandenganmakhluk-Nya.DanAllahtelah menghalalkanbagikalian-sebagaiwujudkasihsayang-Nyakepadakalian
binatang-binatangternak,sepertiunta,sapi,dankambing,kecualibinatang
yangpengharamannyadibacakankepadakalian.Dankecualibinatang buruandaratyangdiharamkanbagikalianpadasaatkalianmelaksanakanihram
hajiatauumrah.SesungguhnyaAllahmenetapkanhukumatasapa yangDiakehendakidenganmenghalalkanataumengharamkannyasesuai
dengan kebijaksanaan-Nya.Maka tidak ada seorang
pun yang bisa memaksa-Nya.Dantidakadaseorangpunyangmampumenyanggah
ketetapanhukum-Nya.
3.ZubdatutTafsirMinFathilQadir/SyaikhDr.MuhammadSulaimanAl
Asyqar,mudarristafsirUniversitasIslamMadinah
Haiorang-orangyangberiman,penuhilahaqad-aqadituYakniakad yangdiambilolehAllahdandilazimkan-Nyaterhadaphamba-hamba-Nya berupahukum-hukum.Makaparahambamemegangakaditudengan perkataan:sami’naawaaatha’naa,danperkataanlainnya.Dantermasuk pula akad yang mereka ikatkan diantara mereka berupa akad-akad muamalatataupenepatanjanjidalam halsalingmembantubukandalam haldosadanpermusuhan.Danmaknadariayatiniadalahpenuhilahakad اْلَأْنٰعمَبِهيَمُةَلُكمُأِحَّلْت.kalian diantara akad dan kalian terhadap Allah (Dihalalkanbagimubinatangternak)Kata(الأنعام(yaknisebutanbagiunta, (kecualiyangakandibacakankepadamuَ(عَلْيُكْمُيْتَلٰىَماِإَّلا.dankambing,sapi YakniapayangdisebutkanAllahpengharamannyadiayatselanjutnya dengantidak ۗ(حُرٌمَوَأنُتْمالَّصْيِدُمِحِّلىَغْيَر.sepertibangkaidanlainnya
menghalalkanberburuketikakamusedangmengerjakanhaji)Iniadalah
pengecualiandalam penghalalanhewanternak.Yaknidihalalkanhewan
ternakkecualiyangkalianburusedangkankaliandalamkeadaanberihram. Karenaharam
hukumnyabagiorangyangberihram untukberburuhewan daratdanmemakanhasilburuannya,baikitubermuhrim
untukhajiatau umrahataukeduannya.Dandiharamkanpulaberburuhewanburuanyang
adadiKawasantanahharam Makkahbaikitubagiorangyangberihram atautidak.
4.LiYaddabbaruAyatih/MarkazTadabburdibawahpengawasanSyaikh
Prof.Dr.Umarbin Abdullah al-Muqbil,professorfakultas syari'ah UniversitasQashim-SaudiArabia
Ayatyangagungpenuhdenganhikmah,satuayatyangtidaklebihdari
dua baris mengandung beberapa penting dalam agama:ajakan dan peringatan,perintahdanlarangan,halaldanharam,kententuanmuthlaq
danmuqoyyad,pengumumandanpengecualian,pujiandankabarberita, Mahasucidzatyangyangbegituagungperkataannya.
5.TafsirAl-Wajiz/SyaikhProf.Dr.Wahbahaz-Zuhaili,pakarfiqihdantafsir
negeriSuriah
Keutamaan:Imam
AhmaddanyanglainnyameriwayatkandariAisyah tentangsuratAl-maidah:“Iniadalahsuratyangterakhirkaliturun,engkau
tidakakanmendapatimakananyanghalalkecualijadikansebagaiyang halal,danjugatidakakanmendapatiyangharamkecualiharamkanlah.”Di
antarasuratiniadayangturunsaatHajiWada’yaituayatAlyauma akmaltu....(ayat3).JugaadayangturunketikaFathuMakkahyaitu:Walaa yajrimannakum syana’aanu ...(2).1 Haiorang-orang yang beriman, penuhilahjanji-janjiyangtelahAllahpersaksikankepadaparahamba-Nya.
Ataujanjiyangtelahdiambilsebagianparahambadarihambayanglain
dalam pergaulanyangdiperbolehkanolehsyariat.Dihalalkanbagikalian binatangternak,yaituunta,sapi,dankambingyangdisembelihsesuai
syariat,kecualibinatang-binatangyangtelahdisebutkanAllahdalam ayat
berikutyangAllahmengharamkanbangkaidanlainnya.Dengantidak
menghalalkanberburuketikakamusedangmengerjakanhajiatauumrah. Sesunggungguhnya
Allah menetapkan hukum-hukum menurut yang dikehendaki.
6.Tafsiras-Sa'di/SyaikhAbdurrahmanbinNashiras-Sa'di,pakartafsirabad 14H PerintahdariAllahkepadahamba-hambaNyayangberiman,untuk memenuhiperjanjian yang merupakan konsekuensidarikeimanan. Memenuhiperjanjian,maksudnyamenyempurnakan,melengkapi,tidak menguranginyadantidakmembatalkannya.Inimeliputiperjanjianantara hambadanRabbnyadalam bentukmemengangtaguhtugasubudiyah, menunaikannyadengansebaik-baiknyadantidakmengurangihak-haknya sedikitpun,jugaperjanjianseoranghambadenganRasululahyaitudengan mentaatidanmengikutinya,danperjanjianseoranghambadengankedua orangtuadankerabat,denganberbuatbaikkepadakeduaorangtuadan silaturahim kepadakerabatdengantidakmemutuskannya,jugaantara hambadengantemannyadenganmenunaikanhakpertemanandalam keadaankaya,miskin,mudah,dansulit.Jugaantarahambadengan manusiadalam bentuktransaksi-transaksimuamalahsepertijualbeli, sewameyewa,danlain-lain,akadsukarelasepertihibahdanlain-lain. Bahkanmeliputihak-hakkaumMusliminsebagaimanaAllahjelaskanpada FirmanNya,"sesungguhnyaorangmukminitubersaudara"(Al-Hujurat:10) Yaitu dengan saling bahu membahu dan tolong menolong diatas kebenaran,saling menyayangidan tidak saling tidak memutuskan hubungan.Inimencakupseluruhpokok-pokokdancabang-cabangAgama. Semuanyamasukkedalam akanyangdiperintahkanolehAllahuntukdi tunaikan.Ayatinidigunakansebagaidalilbahwapadadasarnyasemua dasardansyaratadalahdibolehkandanbahwaiaterlaksanadengan ucapandanperbuatanyangmenunjukankepadanyakarenaiadisebutkan
secaramutlak.
7.HidayatulInsanbiTafsirilQur'an/UstadzMarwanHadidibinMusa,M.Pd.I
Aqad(perjanjian)mencakupjanjiprasetiahambakepadaAllahdan perjanjianyangdibuatolehmanusiadalam pergaulansesamanya.Syaikh AsSa'diyberkata,"InimerupakanmerupakanperintahAllahkepadahamba -hamba-Nyayangmukminuntukmengerjakankonsekwensidaripadaiman,
yaitumemenuhijanji,yaknimenyempurnakannya,melengkapinya,tidak
membatalkandantidakmengurangi.Halinimencakupakad(perjanjian) yang dilakukan
antara seorang hamba dengan Tuhannya berupa mengerjakanibadahkepada-Nya,mengerjakannyasecarasempurna,tidak
mengurangidiantara hak-hak itu.Demikian juga mencakup antara
seseorangdenganrasul-Nya,yaitudenganmenaatinyadanmengikutinya,
mencakup pula antara seseorang dengan kedua orang tuanya dan
kerabatnya,yaknidenganberbaktikepadamerekadanmenyambungtali silaturrahim
denganmerekadantidakmemutuskannya.Demikianpula
akadantaraseseorangdengankawan-kawannyaberupamengerjakanhak
hakpersahabatandisaatkayadanmiskin,lapangdansempit.Termasuk
pulaakadantaraseseorangdenganyanglaindalam akadmu'amalah,
sepertijualbeli,menyewa,dsb.
8.TafsirRingkasKementrianAgamaRISurahinidiawalidenganperintahkepadasetiaporangyangberiman
agarmemenuhijanji-janjiyangtelahdiikrarkan,baikjanjikepadaAllah maupunjanjikepadasesamamanusia.Wahaiorang-orangyangberiman!
penuhilahjanji-janji,yaitujanji-janjiantaramanusiadenganAllah,manusia denganmanusia,danmanusiadengandirinyasendiri,selamajanji-janjiitu
tidakmengharamkanyanghalaldantidakmenghalalkanyangharam.Di
antarajanjiAllahituialahhukum-hukum-Nyayangditetapkankepadamu,
yaitubahwasanyahewanternak,yaituunta,sapi,kambing,dihalalkan
bagimusesudahdisembelihsecarasah,kecualiyangakandisebutkan kepadamuharamnya,yaituyangdisebutpadaayatketigadarisuratini,
dan juga dengan tidak menghalalkan berburu ketika kamu sedang berihram hajiatauumrah.SesungguhnyaAllahmenetapkanhukum
halal danharam sesuaidenganyangdiakehendaki,menurutilmunyadan hikmah-Nya.
9.TafsirIbnuKatsir
"Yaitu
dengan tidak menghalalkan berburu ketika kamu sedang mengerjakanhaji."Sebagianulamamengataka,manshubberkedudukan
sebagaihal(yangmenerangkankeadaan).Danyangdimaksuddengan
binatangternaktersebutadalahbinatangyangjinak,terdiridariunta,sapi
dankambing,danyangmasukdalam kategoriliar,misalnya,kijang,sapi liar,dankeledai.Darikelompokbinatangjinakitudikecualikanbintang sepertiyang dijelaskan didepan,dan darikelompok bintang liar dikecualikanbinatangyangdiburuketikadalamkeadaanberihram.
B.
Tafsiran para mufassir terkait
QS.Al Isra:34
وَلَا تَقْرَبُوْا مَالَ الْيَتِيْمِ اِلَّا بِالَّتِيْ هِيَ اَحْسَنُ حَتّٰى يَبْلُغَ اَشُدَّهٗۖ وَاَوْفُوْا بِالْعَهْدِۖ اِنَّ الْعَهْدَ كَانَ مَسْـُٔوْلًا
Dan janganlah kamu mendekati harta anak yatim, kecuali dengan cara yang lebih baik (bermanfaat) sampai dia dewasa, dan penuhilah janji, karena janji itu pasti diminta pertanggungjawabannya.
1.TafsirAl-Muyassar/KementerianAgamaSaudiArabia
Danjanganlahkalianmengendalikansemuakalianharta-hartaanak
anakyangditinggalmatiolehbapak-bapakmerekasebelummerekabaligh
danlalumerekaberadadibawahtanggungankaliankecualidengancara yang baik
bagimereka.Yaitu dengan cara mengembangkan dan meningkatkannyahinggasianakyatim
mencapaiusiamatangdansudah bagusdalam
mengelolahartanya.Danpenuhilahjanjiyangkaliantelah berkomitmenuntukmelaksanakannya.Sesungguhnyaperjanjianitu,Allah
akanmemintapertanggungjawabankepadayangbersangkutandihari
kiamat.Diaakanmemberibalasanbaginyaapabilamenyempurnakandan memenuhinyadanakanmenyiksaorangyangakanmengkhianatinya.
2.TafsirAl-Mukhtashar/MarkazTafsirRiyadh,dibawahpengawasanSyaikh Dr.ShalihbinAbdullahbinHumaid(ImamMasjidilHaram)
Danjanganlahkalianmenggunakanhartaanakyangorangtuanyatelah wafatkecualidengan carayang baik,sepertimengembangkan harta tersebut(denganjalandagang)ataumenjaganya,hinggaanaktersebut dewasadanmampumengelolahartanyasendiri.Danpenuhilahperjanjian yangberlakuantarakaliandenganAllah,atauantarakaliandenganhamba-hambaNyayanglaindengantanpamembatalkanataumelalaikannya,
karenapadahariKiamatkelakAllahpastiakanbertanyapadaorangyang melakukanperjanjian;apakahiamenepatinyaagariamemberinyapahala, ataumelalaikannyaagariamenghukumnya.
3.TafsirAl-MadinahAl-Munawwarah/MarkazTa'dzhim al-Qur'andibawah pengawasanSyaikhProf.Dr.ImadZuhairHafidz,professorfakultasal Qur'anUniversitasIslamMadinah
Danjanganlahkalianmenggunakanhartaanakyatim kecualidengan tujuanmengembangkanhartaitu;gunakanlahhartamerekadenganbaik hinggamerekamencapaiusiadewasa.Danpenuhilahsemuajanjiyang telahkalianbuatkarenakalianakanditanyatentangjanjiitupadahari
kiamat.
4.ZubdatutTafsirMinFathilQadir/SyaikhDr.MuhammadSulaimanAl Asyqar,mudarristafsirUniversitasIslamMadinah
Danjanganlahkamumendekatihartaanakyatim,kecualidengancara yanglebihbaik(bermanfaat)Allahmelaranguntukmendekatihartaanak yatimsebagaipenekanandalamlaranganuntuksecaralangsungmerusak hartatersebut.Namunhartatersebutharusdiurusolehseorangwaliyang mampumengurushartatersebutdenganbaik,yaitudenganmenjaganya danmengolahnyaagarmendapatkankeuntungan,sertamenafkahkannya َۚأُشَّدُهۥَيْبُلَغ َحَّتٰى.lebihan-berlebih tersebuttanpa anakyatim kepada(sampaiiadewasa)Apabilaanakyatim itutelahdewasamakahartanya harusdikembalikankepadanyaataukaliandibolehkanuntukmengolahnya Yaknitegakkanlahjanji)danpenuhilahjanjiِۖ(باْلَعْهِدَوَأْوُفو۟ا.denganizinnya
tersebutsecarasyar’idanaturanyangdiridhaikecualiapabilaterdapat dalilkhususyangmembolehkanpembatalanjanjitersebut.
5.TafsirIbnuKatsir
“Danjanganlahkamumendekatihartaanakyatim,kecualidengancara yanglebihbaik(bermanfaat)sampaiiadewasa”.Maksudnya,janganlah kalianmembelanjakanhartaanak-anakyatimkecualidenganpenuhkehati -hatian(tidakirihati).
6.TafsirQurthubi
“Danjanganlahkamumendekatihartaanakyatim,kecualidengancara yang lebih baik(bermanfaat)sampaiia dewasa dan penuhilah janji; Sesungguhnyajanjiitupastidimintapertanggunganjawabnya.'(Qs.Al Israa'[17]:34.
7.Tafsirjalalain
(Danjanganlahkalianmendekatihartaanakyatim kecualidengancara yanglebihbaik/bermanfaatsampaiiadewasadanpenuhilahjanji)jika kalianberjanjikepadaAllahataukepadamanusia(sesungggunhnyajanji itupastiakandimintapertanggungjawaban)nya.
8.TafsirumumQ.SAlIsraayat34
Ayatinimenegaskanbahwa:Danjanganlahkamumendekatiharta
anak yatim, kecuali dengan yang paling baik,yakni dengan mengembangkandanmenginvestasikannya.Lalukanhalitusampaiia dewasa.danbillamerekatelahdewasadanmampu,serahkanlahharta merekapenuhilahjanjiyangkamuberjanji,baikkepadaAllahmaupun kepada kandungan janji,baik tempat,waktu,dan substansiyang dijanjikan,sesungghunya janjiyang kamu janjikanpasti diminta pertanggungjawabannyaolehAllahswt.KelakdihariKemudian,atau dimintakepadayangberjanjiunutkmemenuhijanjinya.
Komentar
Posting Komentar