Resume materi pertemuan kesembilan

 

Nama:Imroatul Aliyah

Nim:63010200060

Kelas:3B PS

 

                                                                        RESUME

            kandungan Ayat Tentang Janji dalam QS. Al-Maidah: 1; dan QS. Al-Isra’: 34

 

A.    Tafsiran para mufassir terkait QS.Al Maidah:1 

 

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اَوْفُوْا بِالْعُقُوْدِۗ اُحِلَّتْ لَكُمْ بَهِيْمَةُ الْاَنْعَامِ اِلَّا مَا يُتْلٰى عَلَيْكُمْ غَيْرَ مُحِلِّى الصَّيْدِ وَاَنْتُمْ حُرُمٌۗ اِنَّ اللّٰهَ يَحْكُمُ مَا يُرِيْدُ

             Wahai orang-orang yang beriman! Penuhilah janji-janji. Hewan ternak dihalalkan                                     bagimu, kecuali yang akan disebutkan kepadamu, dengan tidak menghalalkan berburu                           ketika      kamu sedang berihram (haji atau umrah). Sesungguhnya Allah menetapkan hukum                 sesuai dengan yang Dia kehendaki.

1.Tafsir Al-Muyassar/Kementerian Agama Saudi Arabia 

Wahaiorang orangyangberimankepadaAllahdanrasulnyaserta  menjalankansyariatnya,sempurnakanlahperjanjian-perjanjianAllahyang dipertegas.Danpenuhilahperjanjiansebagiankelianatassebagianyang lain berupa amanat, jual-beli dan akad-akad lainnya yang tidak bertentangan dengan Kitabullah dan Sunnah rasulNya,Muhammad. 

SungguhAllahtelahmengahalalkanbagikalianbinatang-binatangternak, sepertiunta,sapidankambing,kecualiapayangtelahdijelaskankepada kalian, yaitu diharamkannya bangkai, darah, dan lainnya, serta diharamkannyabinatangburuanketikakaliantengahdalamkondisiihram. SesungguhnyaAllahmenetapkanhukum apasajayangdikehendakiNya sesuaidenganhikmahdankeadilanNya. 

      2.TafsirAl-Mukhtashar/MarkazTafsirRiyadh,dibawahpengawasanSyaikh Dr.ShalihbinAbdullahbinHumaid(ImamMasjidilHaram) 

      Wahaiorang-orang yang beriman kepada Allah!Sempurnakanlah perjanjian-perjanjian yang saling mengikatkuatantara kalian dengan penciptakaliandanantarakaliandenganmakhluk-Nya.DanAllahtelah menghalalkanbagikalian-sebagaiwujudkasihsayang-Nyakepadakalian 

binatang-binatangternak,sepertiunta,sapi,dankambing,kecualibinatang yangpengharamannyadibacakankepadakalian.Dankecualibinatang buruandaratyangdiharamkanbagikalianpadasaatkalianmelaksanakanihram hajiatauumrah.SesungguhnyaAllahmenetapkanhukumatasapa yangDiakehendakidenganmenghalalkanataumengharamkannyasesuai 

dengan kebijaksanaan-Nya.Maka tidak ada seorang pun yang bisa memaksa-Nya.Dantidakadaseorangpunyangmampumenyanggah ketetapanhukum-Nya. 

      3.ZubdatutTafsirMinFathilQadir/SyaikhDr.MuhammadSulaimanAl Asyqar,mudarristafsirUniversitasIslamMadinah 

Haiorang-orangyangberiman,penuhilahaqad-aqadituYakniakad yangdiambilolehAllahdandilazimkan-Nyaterhadaphamba-hamba-Nya berupahukum-hukum.Makaparahambamemegangakaditudengan perkataan:sami’naawaaatha’naa,danperkataanlainnya.Dantermasuk pula akad yang mereka ikatkan diantara mereka berupa akad-akad muamalatataupenepatanjanjidalam halsalingmembantubukandalam haldosadanpermusuhan.Danmaknadariayatiniadalahpenuhilahakad اْلَأْنٰعمَبِهيَمُةَلُكمُأِحَّلْت.kalian diantara akad dan kalian terhadap Allah (Dihalalkanbagimubinatangternak)Kata(الأنعام(yaknisebutanbagiunta, (kecualiyangakandibacakankepadamuَ(عَلْيُكْمُيْتَلٰىَماِإَّلا.dankambing,sapi YakniapayangdisebutkanAllahpengharamannyadiayatselanjutnya dengantidak ۗ(حُرٌمَوَأنُتْمالَّصْيِدُمِحِّلىَغْيَر.sepertibangkaidanlainnya 

menghalalkanberburuketikakamusedangmengerjakanhaji)Iniadalah pengecualiandalam penghalalanhewanternak.Yaknidihalalkanhewan ternakkecualiyangkalianburusedangkankaliandalamkeadaanberihram. Karenaharam hukumnyabagiorangyangberihram untukberburuhewan daratdanmemakanhasilburuannya,baikitubermuhrim untukhajiatau umrahataukeduannya.Dandiharamkanpulaberburuhewanburuanyang adadiKawasantanahharam Makkahbaikitubagiorangyangberihram atautidak. 

      4.LiYaddabbaruAyatih/MarkazTadabburdibawahpengawasanSyaikh Prof.Dr.Umarbin Abdullah al-Muqbil,professorfakultas syari'ah UniversitasQashim-SaudiArabia 

Ayatyangagungpenuhdenganhikmah,satuayatyangtidaklebihdari dua baris mengandung beberapa penting dalam agama:ajakan dan peringatan,perintahdanlarangan,halaldanharam,kententuanmuthlaq danmuqoyyad,pengumumandanpengecualian,pujiandankabarberita, Mahasucidzatyangyangbegituagungperkataannya. 

      5.TafsirAl-Wajiz/SyaikhProf.Dr.Wahbahaz-Zuhaili,pakarfiqihdantafsir negeriSuriah 

Keutamaan:Imam AhmaddanyanglainnyameriwayatkandariAisyah tentangsuratAl-maidah:“Iniadalahsuratyangterakhirkaliturun,engkau tidakakanmendapatimakananyanghalalkecualijadikansebagaiyang halal,danjugatidakakanmendapatiyangharamkecualiharamkanlah.”Di 

antarasuratiniadayangturunsaatHajiWada’yaituayatAlyauma akmaltu....(ayat3).JugaadayangturunketikaFathuMakkahyaitu:Walaa yajrimannakum syana’aanu ...(2).1 Haiorang-orang yang beriman, penuhilahjanji-janjiyangtelahAllahpersaksikankepadaparahamba-Nya.

Ataujanjiyangtelahdiambilsebagianparahambadarihambayanglain dalam pergaulanyangdiperbolehkanolehsyariat.Dihalalkanbagikalian binatangternak,yaituunta,sapi,dankambingyangdisembelihsesuai syariat,kecualibinatang-binatangyangtelahdisebutkanAllahdalam ayat berikutyangAllahmengharamkanbangkaidanlainnya.Dengantidak menghalalkanberburuketikakamusedangmengerjakanhajiatauumrah. Sesunggungguhnya Allah menetapkan hukum-hukum menurut yang dikehendaki. 

      6.Tafsiras-Sa'di/SyaikhAbdurrahmanbinNashiras-Sa'di,pakartafsirabad 14H PerintahdariAllahkepadahamba-hambaNyayangberiman,untuk memenuhiperjanjian yang merupakan konsekuensidarikeimanan. Memenuhiperjanjian,maksudnyamenyempurnakan,melengkapi,tidak menguranginyadantidakmembatalkannya.Inimeliputiperjanjianantara hambadanRabbnyadalam bentukmemengangtaguhtugasubudiyah, menunaikannyadengansebaik-baiknyadantidakmengurangihak-haknya sedikitpun,jugaperjanjianseoranghambadenganRasululahyaitudengan mentaatidanmengikutinya,danperjanjianseoranghambadengankedua orangtuadankerabat,denganberbuatbaikkepadakeduaorangtuadan silaturahim kepadakerabatdengantidakmemutuskannya,jugaantara hambadengantemannyadenganmenunaikanhakpertemanandalam keadaankaya,miskin,mudah,dansulit.Jugaantarahambadengan manusiadalam bentuktransaksi-transaksimuamalahsepertijualbeli, sewameyewa,danlain-lain,akadsukarelasepertihibahdanlain-lain. Bahkanmeliputihak-hakkaumMusliminsebagaimanaAllahjelaskanpada FirmanNya,"sesungguhnyaorangmukminitubersaudara"(Al-Hujurat:10) Yaitu dengan saling bahu membahu dan tolong menolong diatas kebenaran,saling menyayangidan tidak saling tidak memutuskan hubungan.Inimencakupseluruhpokok-pokokdancabang-cabangAgama. Semuanyamasukkedalam akanyangdiperintahkanolehAllahuntukdi tunaikan.Ayatinidigunakansebagaidalilbahwapadadasarnyasemua dasardansyaratadalahdibolehkandanbahwaiaterlaksanadengan ucapandanperbuatanyangmenunjukankepadanyakarenaiadisebutkan

secaramutlak.

7.HidayatulInsanbiTafsirilQur'an/UstadzMarwanHadidibinMusa,M.Pd.I

Aqad(perjanjian)mencakupjanjiprasetiahambakepadaAllahdan perjanjianyangdibuatolehmanusiadalam pergaulansesamanya.Syaikh AsSa'diyberkata,"InimerupakanmerupakanperintahAllahkepadahamba -hamba-Nyayangmukminuntukmengerjakankonsekwensidaripadaiman, 

yaitumemenuhijanji,yaknimenyempurnakannya,melengkapinya,tidak membatalkandantidakmengurangi.Halinimencakupakad(perjanjian) yang dilakukan antara seorang hamba dengan Tuhannya berupa mengerjakanibadahkepada-Nya,mengerjakannyasecarasempurna,tidak mengurangidiantara hak-hak itu.Demikian juga mencakup antara seseorangdenganrasul-Nya,yaitudenganmenaatinyadanmengikutinya, 

mencakup pula antara seseorang dengan kedua orang tuanya dan kerabatnya,yaknidenganberbaktikepadamerekadanmenyambungtali silaturrahim denganmerekadantidakmemutuskannya.Demikianpula 

akadantaraseseorangdengankawan-kawannyaberupamengerjakanhak hakpersahabatandisaatkayadanmiskin,lapangdansempit.Termasuk pulaakadantaraseseorangdenganyanglaindalam akadmu'amalah, sepertijualbeli,menyewa,dsb.

8.TafsirRingkasKementrianAgamaRISurahinidiawalidenganperintahkepadasetiaporangyangberiman agarmemenuhijanji-janjiyangtelahdiikrarkan,baikjanjikepadaAllah maupunjanjikepadasesamamanusia.Wahaiorang-orangyangberiman! penuhilahjanji-janji,yaitujanji-janjiantaramanusiadenganAllah,manusia denganmanusia,danmanusiadengandirinyasendiri,selamajanji-janjiitu tidakmengharamkanyanghalaldantidakmenghalalkanyangharam.Di antarajanjiAllahituialahhukum-hukum-Nyayangditetapkankepadamu, yaitubahwasanyahewanternak,yaituunta,sapi,kambing,dihalalkan bagimusesudahdisembelihsecarasah,kecualiyangakandisebutkan kepadamuharamnya,yaituyangdisebutpadaayatketigadarisuratini, dan juga dengan tidak menghalalkan berburu ketika kamu sedang berihram hajiatauumrah.SesungguhnyaAllahmenetapkanhukum halal danharam sesuaidenganyangdiakehendaki,menurutilmunyadan hikmah-Nya.

9.TafsirIbnuKatsir 

"Yaitu dengan tidak menghalalkan berburu ketika kamu sedang mengerjakanhaji."Sebagianulamamengataka,manshubberkedudukan sebagaihal(yangmenerangkankeadaan).Danyangdimaksuddengan binatangternaktersebutadalahbinatangyangjinak,terdiridariunta,sapi 

dankambing,danyangmasukdalam kategoriliar,misalnya,kijang,sapi liar,dankeledai.Darikelompokbinatangjinakitudikecualikanbintang sepertiyang dijelaskan didepan,dan darikelompok bintang liar dikecualikanbinatangyangdiburuketikadalamkeadaanberihram.

 

B.    Tafsiran para mufassir terkait QS.Al Isra:34 


وَلَا تَقْرَبُوْا مَالَ الْيَتِيْمِ اِلَّا بِالَّتِيْ هِيَ اَحْسَنُ حَتّٰى يَبْلُغَ اَشُدَّهٗۖ وَاَوْفُوْا بِالْعَهْدِۖ اِنَّ الْعَهْدَ كَانَ مَسْـُٔوْلًا

             Dan janganlah kamu mendekati harta anak yatim, kecuali dengan cara yang lebih baik                            (bermanfaat) sampai dia dewasa, dan penuhilah janji, karena janji itu pasti diminta                                   pertanggungjawabannya.

 

1.TafsirAl-Muyassar/KementerianAgamaSaudiArabia 

Danjanganlahkalianmengendalikansemuakalianharta-hartaanak anakyangditinggalmatiolehbapak-bapakmerekasebelummerekabaligh danlalumerekaberadadibawahtanggungankaliankecualidengancara yang baik bagimereka.Yaitu dengan cara mengembangkan dan meningkatkannyahinggasianakyatim mencapaiusiamatangdansudah bagusdalam mengelolahartanya.Danpenuhilahjanjiyangkaliantelah berkomitmenuntukmelaksanakannya.Sesungguhnyaperjanjianitu,Allah 

akanmemintapertanggungjawabankepadayangbersangkutandihari kiamat.Diaakanmemberibalasanbaginyaapabilamenyempurnakandan memenuhinyadanakanmenyiksaorangyangakanmengkhianatinya. 

      2.TafsirAl-Mukhtashar/MarkazTafsirRiyadh,dibawahpengawasanSyaikh Dr.ShalihbinAbdullahbinHumaid(ImamMasjidilHaram) 

      Danjanganlahkalianmenggunakanhartaanakyangorangtuanyatelah wafatkecualidengan carayang baik,sepertimengembangkan harta tersebut(denganjalandagang)ataumenjaganya,hinggaanaktersebut dewasadanmampumengelolahartanyasendiri.Danpenuhilahperjanjian yangberlakuantarakaliandenganAllah,atauantarakaliandenganhamba-hambaNyayanglaindengantanpamembatalkanataumelalaikannya, 

karenapadahariKiamatkelakAllahpastiakanbertanyapadaorangyang melakukanperjanjian;apakahiamenepatinyaagariamemberinyapahala, ataumelalaikannyaagariamenghukumnya. 

3.TafsirAl-MadinahAl-Munawwarah/MarkazTa'dzhim al-Qur'andibawah pengawasanSyaikhProf.Dr.ImadZuhairHafidz,professorfakultasal Qur'anUniversitasIslamMadinah 

Danjanganlahkalianmenggunakanhartaanakyatim kecualidengan tujuanmengembangkanhartaitu;gunakanlahhartamerekadenganbaik hinggamerekamencapaiusiadewasa.Danpenuhilahsemuajanjiyang telahkalianbuatkarenakalianakanditanyatentangjanjiitupadahari 

kiamat. 

4.ZubdatutTafsirMinFathilQadir/SyaikhDr.MuhammadSulaimanAl Asyqar,mudarristafsirUniversitasIslamMadinah 

Danjanganlahkamumendekatihartaanakyatim,kecualidengancara yanglebihbaik(bermanfaat)Allahmelaranguntukmendekatihartaanak yatimsebagaipenekanandalamlaranganuntuksecaralangsungmerusak hartatersebut.Namunhartatersebutharusdiurusolehseorangwaliyang mampumengurushartatersebutdenganbaik,yaitudenganmenjaganya danmengolahnyaagarmendapatkankeuntungan,sertamenafkahkannya َۚأُشَّدُهۥَيْبُلَغ َحَّتٰى.lebihan-berlebih tersebuttanpa anakyatim kepada(sampaiiadewasa)Apabilaanakyatim itutelahdewasamakahartanya harusdikembalikankepadanyaataukaliandibolehkanuntukmengolahnya Yaknitegakkanlahjanji)danpenuhilahjanjiِۖ(باْلَعْهِدَوَأْوُفو۟ا.denganizinnya 

tersebutsecarasyar’idanaturanyangdiridhaikecualiapabilaterdapat dalilkhususyangmembolehkanpembatalanjanjitersebut. 

5.TafsirIbnuKatsir 

“Danjanganlahkamumendekatihartaanakyatim,kecualidengancara yanglebihbaik(bermanfaat)sampaiiadewasa”.Maksudnya,janganlah kalianmembelanjakanhartaanak-anakyatimkecualidenganpenuhkehati -hatian(tidakirihati). 

6.TafsirQurthubi 

“Danjanganlahkamumendekatihartaanakyatim,kecualidengancara yang lebih baik(bermanfaat)sampaiia dewasa dan penuhilah janji; Sesungguhnyajanjiitupastidimintapertanggunganjawabnya.'(Qs.Al Israa'[17]:34. 

7.Tafsirjalalain 

(Danjanganlahkalianmendekatihartaanakyatim kecualidengancara yanglebihbaik/bermanfaatsampaiiadewasadanpenuhilahjanji)jika kalianberjanjikepadaAllahataukepadamanusia(sesungggunhnyajanji itupastiakandimintapertanggungjawaban)nya. 

8.TafsirumumQ.SAlIsraayat34 

Ayatinimenegaskanbahwa:Danjanganlahkamumendekatiharta

anak yatim, kecuali dengan yang paling baik,yakni dengan mengembangkandanmenginvestasikannya.Lalukanhalitusampaiia dewasa.danbillamerekatelahdewasadanmampu,serahkanlahharta merekapenuhilahjanjiyangkamuberjanji,baikkepadaAllahmaupun kepada kandungan janji,baik tempat,waktu,dan substansiyang dijanjikan,sesungghunya janjiyang kamu janjikanpasti diminta pertanggungjawabannyaolehAllahswt.KelakdihariKemudian,atau dimintakepadayangberjanjiunutkmemenuhijanjinya.

 



Komentar