Resume materi pertemuan keenam

Nama    :Imroatul Aliyah
        Nim      :63010200060
        Kelas    :3B Perbankan Syariah

 

         RESUME

Ayat Tentang Makanan dan Minuman dalam QS. al-Baqarah: 172 – 173, dan QS. al-Maidah: 3, 90

 QS.AL-Baqarah ayat 172-173

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُلُوْا مِنْ طَيِّبٰتِ مَا رَزَقْنٰكُمْ وَاشْكُرُوْا لِلّٰهِ اِنْ كُنْتُمْ اِيَّاهُ تَعْبُدُوْن

اِنَّمَا حَرَّمَ عَلَيْكُمُ الْمَيْتَةَ وَالدَّمَ وَلَحْمَ الْخِنْزِيْرِ وَمَآ اُهِلَّ بِهٖ لِغَيْرِ اللّٰهِ ۚ فَمَنِ اضْطُرَّ غَيْرَ بَاغٍ وَّلَا عَادٍ فَلَآ اِثْمَ عَلَيْهِ ۗ اِنَّ اللّٰهَ غَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ


TerjemahanQS.Al-Baqarahayat172-173: “Hai orang-orang yang beriman,makanlah diantara rizki yang baik-baik yang Kami berikan kepadamu danbersyukurlah kepada Allah,jika benar-benar hanya kepada Allah kamu menyembah.(172)Sesungguhnya Allah hanya mengharamkan bagimu bangkai,darah,daging babi,dan binatang (yang ketika disembelih) disebut(nama)selain Allah.Tetapibarangsiapa dalam keadaan terpaksa (memakannya)sedangiatidakmenginginkannyadantidak(pula)melampaui  batas,makatidak ada dosa baginya.SesungguhnyaAllahMahapengampunlagi Mahapenyayang.”(173) 

 

A.    Tafsiran para mufassir terkait QS.AL-Baqarah ayat 172-173

1.Tafsir Ibnu Katsir 

MelaluifirmannyaAllahSWTmemerintahkanhamba-hamba nya yang beriman agarmemakanmakananyangbaik-baikdaririzkiyangtelahdianugerahkanAllah kepadamerekadan­supayamerekasenantiasabersyukurkepada-Nyaatasrizki tersebut,jikamerekabenar-benarhambanya,memakanmakananyanghalal merupakan salah satu sebab terkabulnya do‟a dan diterima ibadahnya. Sebagaimanamemakanmakananyangharammenghalangiditerimanyado‟adan ibadah.Halitusebagaimanaditerangkandalam hadisyangdiriwayatkanoleh imamAhmaddariAbuHurairahra,RasulullahSAWbersabda: 
“DariAbuHurairahberkataRasulullahShallallahu„AlaihiwaSallam berkata: sesungguhnya Allah maha baik,tidak menerima kecuali yang baik, sesungguhnyaAllahmemerintahkanorang-orangyangberimanapayangia  perintahkankepadapararasul,Allahberfirman“HaiRasul-rasul,makanlah dari makanan yang baik-baik dan kerjakanlah amal yan sholeh”(Al Mu‟minuun:51)DanAllahSwtberfirman”Haiorang-orangyangberiman, makanlahdiantararezekiyangbaik-baikyangkamiberikankepadamu”(Al Baqarah:172)kemudianbeliaumenyebutseoranglelakiyangmengadakan perjalanan jauh,berambutkusutdan berdebu,menadahkan tangannya kelangit“yaRabb,yaRabb”,padahalmakanannyaberasaldariyangharam, minumannyaberasaldariyangharam,pakaiannyaberasaldariyangharam dan makan dari yang haram, maka bagaimana doanya akan di kabulkan”.(HR.Muslim). 
Setelah Allah memberikan rezekinya kepada mereka dan membimbing merekamemakanmakananyangbaik-baik,Allahjugamemberitahukanbahwadia tidakmengharamkanmakanan-makananitukecualibangkaisaja,yaitubinatang yangmatidengansendirinyatanpadisembelih.

2.TafsirTahlilyMajelisTarjihdanTajdidPimpinanPusatMuhammadiyah 

Kendatiayatiniberbunyi“makanlah!”tetapiparaahlitafsirmenjelaskan denganartilebihluas,tidakhanyamemakan,tetapimeliputimemperolehrezeki yangthayyibsekaligushalal.Tidakbolehlupabahwarezekithayyibyangditangan merekaadalahsesuatuyangdiberikanolehAllahatausebagaimanadinyatakan Olehkarenaituorangmukminَ).ماَرَزْقَناُكْم) padaayat172sebagaimârazaqnâkum 
diingatkanagarbersyukuratasrezekiyang“Kamirezekikankepadakalian.” Biasanyarasasyukurdiekspresikandenganucapanhamdalah.Bagiorangyang menerimasedikitrezeki,bacaanhamdalahcukupmemadai. 
Namundemikian,ysebenarnyaperintahdalam ayatlain“Haiorang-orang yangberiman,infakkanlah(dijalanAllah)sebagiandarihasilusahamuyangbaik baikdansebagiandariapayangKamikeluarkandaribumiuntukkamu.”[Al 
Baqarah(2):267]mengandungmaksudagarorangmukminbersyukuratasrezeki yangditerimaberupainfak.Mengeluarkaninfakwajibhendaknyadidasarirasa syukuragarketikamengeluarkansebagianrezekitersebuttidakdisertairasa berathati. 
Pada ayat173 dinyatakan “Sesungguhnya Allah hanya mengharamkan bagimubangkai,darah,dagingbabidanbinatangyang(ketikadisembelih)disebut (nama)selainAllah.Tetapibarangsiapadalam keadaanterpaksa(memakannya) sedangiatidakmenginginkannyadantidak(pula)melampauibatas,makatidak adadosabaginya.Ayat173darisurahAl-Baqarahinimenyebutkanbeberapajenis makananyangdiharamkanyaitu: 
1.bangkai 
2.darah 
3.dagingbabi 
4.hewanyangketikadisembelihdisebutnamaselainAllah. 
DariAbdullahibnUmar,sesungguhnyaRasulullahsawbersabda,“Dihalalkan untukkitaduamacam bangkaidanduamacam darah.Dimaksudduamacam bangkaiadalahikanlautdanbelalang,sedangkanduamacam darahadalahhati danlimpa.”HadisriwayatIbnMajahdanAhmad. 

3.TafsirKemenagRI 

Didalamayatiniditegaskanagarseorangmukminmakanmakananyangbaik yangdiberikanAllah,danrezekiyangdiberikan-Nyaituharuslahdisyukuri.Dalam ayat168perintahmakanmakananyangbaik-baikditujukankepadamanusia umumnya.Karenanya,perintahitudiiringidenganlaranganmengikutiajaransetan. 
Sedangkandalam ayatiniperintahditujukankepadaorangmukminsajaagar merekamakanrezekiAllahyangbaik-baik.Sebabitu,perintahinidiiringidengan perintahmensyukurinya.Menetapkansuatuhukum denganmenghalalkanatau mengharamkan sesuatu, sepenuhnya hak Allah , karena Dialah yang berkuasa.Dialahyangdisembah,ditaatisegalaperintah-Nyadandijauhisegala larangan-Nya. 
Disiniditegaskanmakananyangdiharamkanadaempatmacamitusaja.Ada lagibeberapajenisbinatangyangdilarangdimakanberdasarkanayatsepertiyang tersebutdiatas.Kemudiandijelaskanlagibahwatidakberdosaorangyangdalam keadaandaruratmakanmakananyangdiharamkan,apabilamerekabenar-benar dalam keadaandarurat,sepertitidakadalagimakananyangakandimakan,dan jikatidakdimakanakanmembawabahayabesarataukematian. 
Menurut jumhur ulama,makanan yang haram dimakan,haram pula diperjualbelikan,karenanajis,kecualiulamaHanafidanZahiriyangmengatakan bahwasegalayangdapatdimanfaatkan,bolehdiperjualbelikan,sepertijualbeli kotoran hewan dan sampah-sampah yang najis, karena dibutuhkan penggunaannyadikebun-kebundanlain-lain.Ayattersebutmenerangkandengan jelasbahwaumatIslam dilarangmemakanbangkai,darahdandagingbabi.Darah danbangkaisudahjelas,karenadidalamnyabanyakmengandungracun.
Sedangkanmengenaidagingbabi,mungkinperlupenjelasanlebihlanjut. Menurutsaintis,babiadalahbinatangyangberbentuksepertitong,dengankaki yangpendek. 
Babihutanyangadasaatinididugasebagainenekmoyangbabipeliharaan.Babi hutan dapatberlarisangatcepatdan pandaiberenang.Mereka termasuk pemakansegalamacam makanan,mulaidarirumputsampaibangkai.Bahkan babiternakmenyukaikotorannyasendiri.Dengandemikian,bukanpersoalan kebersihanpeternakanbabiyangperludibicarakandisini,akantetapimemang babisecaraalamibukanbinatangyangbersih.Bagaimanapuncanggihnyasistem kebersihanyangditerapkan,sifatbabitersebuttidakberubah. 
Sesuaidengancarahidupalaminyayangsangatjorok,makamerekamemiliki kandungan antibodi(suatu zatyang dihasilkan tubuh untukpertahanan diri terhadappenyakit)yangtinggi.Kandunganantibodiyangtinggiyangtersimpandi dalam daging babi, kurang menguntungkan kesehatan manusia yang 
memakannya.Termasukdalam halinikandungankolesteroldanlemakyang tinggiyangadapadadagingbabi. 

4.TafsirAl-Mishbah 

TelahKamiizinkanmanusiauntukmemakansemuayanghalalyangKami ciptakandibumibagimereka,danKamimelarangmerekaagartidakmengikuti jejaklangkahsetan.Apabilamerekamelaksanakanketentuanitusemuamaka merekaakanmendapatkanpetunjuk.NamunjikamerekaingkarmakaKamiakan memberikanpetunjukKamihanyapadaorang-orangyangberimandanKamiakan menjelaskankepadamerekayanghalaldanyangharam. 
Maka,wahaiorang-orangyangberiman,dihalalkanbagikaliansemuauntuk memakanmakananyangenakdanbaikdanbukanyangkotordankeji.Syukurilah karuniaAllahyangtelahmenghalalkanmakananyangbaik-baik.Syukurilahpula karuniaketaatandankemampuandirikalianuntukmelaksanakanperintah-Nya demisempurnanyaibadahkalian.Alqurantelahlamamendahuluiilmukedokteran moderndalamsoalmakanan. 
Diharamkannyabangkaiitusangatberalasansekalikarenabinatangyang matiolehsebabfaktorketuaan,ataumatikarenaterjangkitpenyakititupada dasarnyamatikarenazatberacun.Kalaukemudianbinatangyangmatidengan carasepertiitudikonsumsiolehmanusia,sangatmungkiniaakanmengalami 
keracunan. Lebih-lebih binatang yang matidengan cara demikian (juga yang mati tercekik),darahnyaakanmengendapdidalamtubuhnya,padahalsepertidiketahui, darahitumenyimpanzatberacunyangbersembunyidalam pembuluhdarahdan urine.Demikianpulahalnyadenganbabi,dagingnyamengandungberbagaibibit penyakityangjelasakanmembahayakanorangyangmemakannya.

 

Beberapa tafsiran para mufassir tekait QS.Al-maidah ayat 3 dan 90:

a.QS.AL-Maidah ayat 3

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اَوْفُوْا بِالْعُقُوْدِۗ اُحِلَّتْ لَكُمْ بَهِيْمَةُ الْاَنْعَامِ اِلَّا مَا يُتْلٰى عَلَيْكُمْ غَيْرَ مُحِلِّى الصَّيْدِ وَاَنْتُمْ حُرُمٌۗ اِنَّ اللّٰهَ يَحْكُمُ مَا يُرِيْدُ

 Wahai orang-orang yang beriman! Penuhilah janji-janji. Hewan ternak dihalalkan bagimu, kecuali yang akan disebutkan kepadamu, dengan tidak menghalalkan berburu ketika kamu sedang berihram (haji atau umrah). Sesungguhnya Allah menetapkan hukum sesuai dengan yang Dia kehendaki

1.TafsirIbnukatsir 

Allah mengabarkan kepada hamba-hamba-Nya suatu berita yang mengandung larangan memakan semua yang diharamkan,yang terdiridari bangkaibinatang,yaitubinatangyangmatibukankarenadisembelihdanbukan karenadiburu.Yangdemikianitukarenadidalamnyamengandungbahaya,yaitu adanyadarahbeku,yang sangatberbahayabagiagamamaupunbagitubuh manusia.olehkarenaituallahmengharamkannya. 

Jenis-jenisbangkaitersebutadayangdikecualikan:ikan.ikantetaphalal,baik yang matiakrena prosespenyembelihan maupun karena sebab lainnya.dan demikianhalnyadenganbelalang. 

2.TafsirAl-Muyassar/kementrianagamaSaudiarabSaudi 

Allahmengharamkanataskalianbangkai,yaitubinatangyangtelahberakhir dikehidupannyatanpaprosespenyembelihan,jugamengharamkanataskalian darahyangmengaliryangdikeluarkan,dagingbabi,danbinatang-binatangyang disebutnamaselainallahketikapenyembelihannya,hewanyangtercekikyang nafasnyaterhentihinggamati,jugabinatangyangdipukuldengantongkatatau batuhinggamati,jugabinatangyangjatuhdaritempatyanglebihtinggiatau terceburkedalam sumurhinggamati,danbinatangyangdihantam olehbinatang lainnyadengantandukhinggamati.danallahmengharamkanataskalianbinatang binatangyangdimangsaolehhewan-hewanbuas. Danallahmengecualikandariapayangdiharamkannyadaribinatangyang tercekikdanseterusnya,binatangyangsempatkaliansembelihsebelum mati,ia menjadihalalbagikalian.Danallahmengharamkanataskalianbinatangyang disembelihuntukselainallahyangditunjukkanuntukdiibadahi,sepertibebatuan danlainnya,mencaritahunasibyangditentukanataubelumditentukanbagikalian denganazlam(anakpanah-anakpanahyangdahulumerekapergunakanuntuk mengundinasib). 

Hal-halyang disebutkan dalam ayat inidariperkara perkara yang diharamkan,jikadilanggarmerupakantindakankeluardariperrintahallahdan ketaatan kepadanya menuju maksiat kepadanya.Pada hari ini,telah kusempurnakan bagikalian agama kalian,agama islam,dengan mewujudkan kemenangandankesempurnaanajaransyariat.Dantelahkusempurnakanbagi 

kaliannikmat-nikmatkudenganmengeluarkankaliandarikegelapann-kegelapan

masajahiliyyahmenujucahayakeimanan,danakutelahridhoibagikalianislam sebagaiagamakalian.makaberpegangteguhlahdengankuat,janganlahkalian melepaskannya.Barangsiapadalam kondisikelaparanterpaksamemakandaging bangkai,tanpa ada keingnan sengaja berbuat dosa,maka dia boleh memakannya.sesungguhnya allah maha pengampun lagimaha penyayang kepadanya. 

3. TafsirAl-Mukhtashar/MarkazTafsirRiyadh,dibawahpengawasanSyaikhDr. ShalihbinAbdullahbinHumaid(ImamMasjidilHaram) 

Allahmengharamkanbagikalianbinatangyangmatitanpadisembelih.Allah jugamengharamkanbagikaliandarahyangmengucur,dagingbabi,binatangyang disembelihdenganmenyebutnamaselainAllah,binatangyangmatikarena dicekik,dipukul,jatuhdaritempatyangtinggi,ditandukolehbinatanglain,dan binatangyangditerkam olehbinatangbuassepertisinga,harimau,serigala. 

Kecualibilakalianmendapatibinatang-binatangtersebutmasihhidupkemudian kalian menyembelihnya,maka binatang itu halal bagi kalian. Dia juga mengharamkanbagikalianbinatangyangdisembelihuntukberhala. 

DanDiajugamengharamkanbagikalianmencaritahunasibkalianmelalui beberapabatangkayupanjang,yaitubisadaribebatuanatauanakpanahyang tertulisdisana"Lakukan"dan"Janganlakukan"lantastulisanmanayangkeluar, makaitulahyangdikerjakan.Melakukanperbuatan-perbuatanterlarangtersebut berartikeluardariketaatankepadaAllah.Padahariini,orang-orangkafirtelah putusasauntukmembuatkalianmurtadmaupunmembuatkalianmeninggalkan agamaIslamtatkalamerekamelihatkekuatanIslam.Makajanganlahkaliantakut kepadamereka,tetapitakutlahkepada-Kusaja. 

PadahariinitelahAkusempurnakanbagikalianagamakalian,yaituagama Islam,dantelahAkucukupkanbagikaliannikmat-Kuyanglahirmaupunyang batin.DantelahAkupilihkanagamaIslam sebagaiagamakalian.MakaAkutidak akan menerima agama lain selain Islam.Barangsiapa yang kelaparan dan terpaksamemakanbangkai,tanpaadakecenderunganuntukberbuatdosa,maka tidak ada dosa baginya.Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagiMaha Penyayang. 

4.TafsirAl-Madinah Al-Munawwarah /Markaz Ta'dzhim al-Qur'an dibawah pengawasanSyaikhProf.Dr.ImadZuhairHafidz,professorfakultasal-Qur'an UniversitasIslamMadinah 

Allahmengharamkanbangkaiyaituhewanyangmatitanpadisembelih;darah yangmengucurketikaprosespenyembelihanyangdahuluorang-orangjahiliyah sukamemasaknya,ataudarahyangsengajadipancarkandarihewanyangmasih hidupuntukdimasak;dagingbabi;hewanyangdisembelihuntukselainAllah, 

sepertihewanyangdisembelihuntukberhala,api,jin,atausegalasesembahan selainAllah;hewanyangmatikarenatercekik,baikituyangtercekikdengan sendirinyamaupunyangsengajadicekik;hewanyangmatikarenapukulanbaikitu dengantongkat,besi,ataukayu;hewanyangmatikarenaterjatuh,baikituterjatuh daritempatyangtinggiatauterjatuhkedalam sumurdanlainsebagainya;hewan yangmatikarenatertanduk;hewanyangmatikarenadimangsahewanbuasyang belum sempatdisembelih;hewanyangdisembelihuntukdipersembahkanbagi

batu-batu sesembahan,yaitu batu-batu yang ditancapkan disekitarberhala berhala;hewanyangdisembelihuntukmemenuhikonsekuensidaripengundian nasibdengananakpanah-yaituanakpanahyangdigunakanolehorang-orang jahiliyah untukmengetahuinasib kebaikan atau keburukan mereka-dan ini merupakansalahsatubentukdariperdukunandanmenebakhalyangghaib. SemuahalinitidaksesuaidengansyariatdanagamaAllah. 

Paramusuh-musuhAllahtelahberputusasadarimemadamkancahayaIslam setelahAllahmemenangkannya,makajanganlahkaliantakutterhadapmereka namuntakutlahkepadaAllahyangtelahmenyempurnakanagamabagikita, memenuhihidupkitadengankenikmatan,meridhoiagamaIslam bagikita,dan memilihIslam untukkitaanutdanmemilihkanIslam untukmenjadikankita penganutnya.InisemuamerupakanrahmatdankaruniaAllahkepadakita,maka wajibbagikitauntukridhaterhadapsyariatIslam,manhajnya,danadab-adabyang adadidalamnya. 

Danbarangsiapayangterpaksauntukmemakanmakanan-makananharam ini karenakelaparan,makatidakmengapabaginyauntukmemakannyadengankadar sekedaruntukmenyambungnyawanyatanpaadakeinginanuntukmemakannya secaraberlebihansehinggadiamenjadiorangyangbermain-maindengandosa danmenikmatiperbuatanyangsesungguhnyaharam,sebabsesungguhnyadia diperbolehkanuntukmemakannyahanyakarenadiadalamkeadaanterjepit.Allah akanmengampuninyaatastindakanberlebih-lebihanyangduludialakukan,dan inimerupakanrahmatdariAllah. 

DariThoriqbinSyihab,diaberkata:Seseorangdarikaum Yahudiberkata kepadaUmarBinKhattab:wahaiAmirulMukminin,Kalianmembacasatuayat dalam kitabkalian,yangseandainyaayatituditurunkankepadaorang-orang Yahudiniscayakamiakanmenjadikanhariditurunkannyasebagaihariraya. 

Umarmenjawab:demiAllah,sungguhakumengetahuipadahariapa,kapan dandimanaayatiniditurunkankepadaRasulullah,dandimanaRasulullahketika ayatiniditurunkan.AyatiniditurunkanpadapetangharidihariArafahyang bertepatandenganhariJumat,dandemiAllahketikaitukamiberadadipadang ArafahdanRasulullahsedangberdiridiArafah.Danalhamdulillahkeduanya(hari 

ArafahdanhariJumat)merupakanharirayabagikami. 

5.ZubdatutTafsirMinFathilQadir/SyaikhDr.MuhammadSulaimanAlAsyqar, mudarristafsirUniversitasIslamMadinah

(Diharamkanbagimu(memakan)bangkai,darah,dagingbabi,(daginghewan) yangdisembelihatasnamaselainAllah) 

    Tafsirdaripotonganayatinitelahdisebutkandisuratal-Baqarah:173. yangtercekikَ(واْلُمْنَخِنَقُة 

Yakniyangmatikarenatercekikbaikitudisebabkanolehhewanitusendiri maupunolehmanusiaataulainnya. 

    Dahuluorang-orangjahiliyahmencekikkambinghinggamatilalumemakannya. (yangterpukulَ(واْلَمْوُقوَذُة 

    Yakniyangdipukuldenganbatuatautongkatsampaimatitanpadisembelih. 

    (yangjatuhَ(واْلُمَتَرِّدَيُة 

    Yakniyangterjatuhdaritempattinggisampaimati. 

    (yangditandukَ(والَّنِطيَحُة 

Yakniyangditandukolehhewanlainsampaimatitanpasempatdisembelih. (danditerkambinatangbuasَ(وَمآَأَكَلالَّسُبُع 

Yakniyangdimangsaolehhewanbertaringsepertisinga,harimau,serigala,atau heinasampaimatitanpasempatdisembelih. 

6.TafsirRingkasKementrianAgamaRI 

Padaayatyanglalutelahdijelaskanbeberapaperbuatanyangdiharamkan. Ayatinimenguraikanlebihterperincimakanan-makananyangdiharamkan.Ada sepuluh jenis makanan yang diharamkan,semuanya berasaldarihewan. Diharamkan bagimu memakan bangkai, darah yang keluar dari tubuh, sebagaimanatersebutdalam surahalan'a'm/6:145,dagingbabi,dandaging hewanyangdisembelihbukanatasnamaAllah,demikianpuladiharamkandaging hewanyangtercekik,yangdipukul,yangjatuh,yangditanduk,danyangditerkam binatangbuas,kecualiyangsempatkamusembelih.Hewanyangtercekik,yang dipukul,yangjatuh,yangditanduk,danyangditerkam binatangbuasadalahhalal hukumnyakalausempatdisembelihsebelummati. 

Dandiharamkanpulahewanyangdisembelihuntukberhala.Dandiharamkan pulamengundinasibdengananakpanah.Orangarabjahiliahmenggunakananak panahuntukmenentukanapakahmerekaakanmelakukansuatuperbuatanatau tidak.Merekamengambiltigabuahanakpanahyangbelum memakaibulu, 

masing-masinganakpanahituditulisdengankata-katalakukan,janganlakukan, dan anak panah yang ketiga tidak ditulis apa-apa.Semua anak panah itu diletakkandalamsebuahtempatdandisimpandalamkakbah.Bilamerekahendak melakukansuatuperbuatan,makamerekamemintaagarjurukuncikakbah mengambilsalahsatudaritigaanakpanahitu.Merekamelakukanperbuatanatau tidakmelakukanperbuatansesuaidenganbunyikalimatyangtertulisdalam anak panahyangdiambilnya. 

b.QS.Al-maidahayat90 

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِنَّمَا الْخَمْرُ وَالْمَيْسِرُ وَالْاَنْصَابُ وَالْاَزْلَامُ رِجْسٌ مِّنْ عَمَلِ الشَّيْطٰنِ فَاجْتَنِبُوْهُ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ

 Artinya: Wahaiorang-orang yang beriman!Sesungguhnya minuman keras,berjudi, (berkurbanuntuk)berhala,danmengundinasibdengananakpanah,adalah perbuatankejidantermasukperbuatansetan.Makajauhilah(perbuatan-perbuatan) ituagarkamuberuntung. 

1.KemenagRI 

Dengan ayatiniAllah menjelaskan hukum–hukum-Nya mengenaiempat macam perbuatan,yaitu:minum khamar,berjudi,mempersembahkan kurban kepadapatung-patungdanmengundinasibdenganmenggunakanalat-alatyang menyerupaianak panah yang biasa dilakukan oleh bangsa Arab sebelum datangnyaagamaIslam.Mengenaipengharamanminum khamar,paraahlitafsir berpendapatbahwaayatinimerupakantahapterakhirdalam menentukanhukum haramnyameminumkhamr. 

Menurutmereka,Al-quranmengemukakanhukum meminum khamaritukedalam 4tahap: 

    1.Berupainformasitentangadanyakandunganalcoholpadabuahanggur padasurahan-nahl(16):67

    2.Manfaatdanmadaratminumankeras

    3.Laranganmelaksanakansholatketikamabuk

    4.Penetapankeharamankhamar.

2.Tafsirmishbah 

Haiorang-orangyangberimankepadaAllah,kitab-kitab-Nyadanrasul-rasul Nyadantundukkepadakebenaran,sesungguhnyameminum minumankeras yangmemabukkan,berjudi,menancapkanbatusebagailandasanmenyembelih kurban untuk mendekatkan dirikepada patung-patung yang kalian sembah, melepaskananakpanah,batukerikilataudaununtukmengetahuiketentuan ketentuan yang gaib,semua itu tiada lain hanyalah kekotoran jiwa yang merupakantipudayasetanbagipelakunya.Maka,tinggalkanlahitusemuaagar kalianmendapatkankemenangandiduniadengankehidupanyangmuliadandi akhiratdengankenikmatansurga. 

3.Tafsirmuyyasar 

Wahai orang-orang yang membenarkan Allah dan Rasul-Nya dan mengamalkan syariat-Nya, sesungguhnya khamar (yaitu semua yang memabukkanyangbisamenutupakal),judiyangmencakuptaruhandaridua belah pihak dan yang sejenisnya, menghalang-halangi dari mengingat Allah.Adapunberhala,yaitubatu-batuyangditegakkanolehorang-orangmusyrikin danmerekamenyembelihdidepannyadenganpenuhpengagungankepadanya, 

danapayangdipancangkanuntukdisembahdanmendekatkandirikepadanya. Anak-anakpanah,yaituyangdigunakanolehorang-orangkafiruntukmengundi sebelum menetapkansuatuperkara,apakahdilakukanatauditinggalkan.Semua ituadalahdosatermasuktipudayasetan,makajauhilahdosa-dosatersebutagar kalianmeraihsurgaAllah. 

4.TafsirIbnuKatsir 

Allah subhanahu wa ta’ala,berfirman melarang hamba-hamba-Nya yang berimanmeminumkhamrdanberjudi.Telahdisebutkandalamsebuahriwayatdari AmirulMu’mininAliibnuAbuTalibr.a.,bahwaiapernahmengatakancaturitu termasukjudi.BegitupulamenurutapayangdiriwayatkanolehIbnuAbuHatim, dariayahnya,dariIsaibnuMarhum,dariHatim,dariJa’faribnuMuhammad,dari ayahnya,dariAlir.a.IbnuAbuHatimmengatakan,telahmenceritakankepadakami MuhammadibnuIsmailAl-Ahmasi,telahmenceritakankepadakamiWaki’,dari Sufyan,dariLais,dariAta,Mujahid,danTawus,menurutSufyanatauduaorang darimereka,merekatelahmengatakanbahwasegalasesuatuyangmemakai taruhandinamakanjudi,hinggapermainananak-anakyangmemakaikelereng. 

TelahdiriwayatkanpuladariRasyidibnuSa’dsertaDamrahibnuHabibhal yangsemisal.Merekamengatakan,"Hinggadadu,kelereng,danbijijuzyangbiasa dipakaipermainanolehanak-anak."MusaibnuUqbahtelahmeriwayatkandari Nafi’,dariIbnuUmar,bahwamaisiradalahjudi.Ad-Dahhaktelahmeriwayatkandari 

IbnuAbbasyangmengatakanbahwamaisiradalahjudiyangbiasadipakaiuntuk taruhandimasaJahiliahhinggakedatanganIslam.MakaAllahmelarangmereka melakukanperbuatan-perbuatanyangburukitu. 

MaliktelahmeriwayatkandariDaudibnulHusain,bahwaiapernahmendengar Sa’idibnulMusayyabberkata,"Dahulumaisiryangdilakukanolehorang-orang Jahiliahialahmenukardagingdenganseekorkambingatauduaekorkambing."Az -ZuhritelahmeriwayatkandariAl-A’rajyangmengatakanbahwamaisirialah mengundidengananakpanahyangtaruhannyaberupahartadanbuah-buahan.Al 

QasimibnuMuhammadmengatakanbahwasemuasaranayangmelalaikanorang darimengingatiAllahdansalatdinamakanmaisir.Semuariwayatyangtelah disebutkandiatasdiketengahkanolehIbnuAbuHatim. 

 C.HubunganantaraQSAlBaqarahayat172-173danQSAlmaidahayat3dan90 terkaitmakanandanminumandalamIslam 

Jadiketerhubungansurat–suratinimenerangkanbahwamakanlahmakanan darirezekiyangbaik,danAllahmengharamkanbangkaihewanyangmatidengan sendirinyakarenaberbahayabagikesehatan.Hewanmatidengansendirinya, tidakmatimelainkandisebabkanolehpenyakit.Darahdiharamkan,karenadarah ituadalahtempatyangpalingbaikuntukpertumbuhanbakteri-bakteri.Darahyang diharamkanadalahdarahyangmengalir.Babidiharamkan,karenababiitujorok, makanannyayangpalinglezatbagibabiadalahkotorandannajis,olehkarenaitu berbahayabagikesehatan.AllahJugamelarang meminum minumankhamar karenaKhamrterbuktimengandungalkoholyangterbuktisangatberbahayabagi tubuhkemudianmembahayakanbagiakalmanusia,agamanyadandunianya.

 

 

Komentar